Senin, 22 Desember 2014

tugas kelompok RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                         : SD N 01 PGRI Semarang
Kelas/Semester                        : IV/1 (Satu)
Tema                                       : Peduli terhadap Makhluk Hidup
Alokasi Waktu                        : 1 Hari



  1. KOMPETENSI INTI

  • Menerima , menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
  • Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  • Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  • Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

  1.  KOMPETENSI DASAR

PPKn

  • Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
  • Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
  • Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
  • Memahami manfaat keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat
  • Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
  • Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat


Bahasa Indonesia
  • 1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan social
  • 2.1. Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
  • 3.1. Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
  • 3.2. Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
  • 3.4. Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
  • 4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
  • 4.2. Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
  • 4.4. Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Matematika
  • 2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran
  • 3.1 Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar
  • 3.7 Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK)
  • 3.13 Memahami pecahan senilai dan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar
  • 4.3. Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
  • 4.7. Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik
  • 4.9 Mengumpulkan dan menata data diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran
  • 4.13 Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagi kemungkinan jawaban
IPA
  • 2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
  • 2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
  • 3.1. Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya
  • 3.2. Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup
  • 4,1 Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
  • 4.2 Menyajikan secara tertulis hasil pengamatan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup.

IPS
  • 2.3. Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
  • 3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
  • 4.5. Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
  • 1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
  • 1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
  • 2.2. Menunjukkan perilaku santun kepada teman, guru dan lingkungan sekolah selama pembelajaran penjas
  • 3.2. Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh
  • 3.4 Memahami jenis cidera dan mampu melakukan penanggulangan sederhana selama melakukan aktivitas fisik
  • 4.4. Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis, tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan
  • 4.5 Mempraktikkan pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan music

Seni, Budaya, dan Prakarya
  • 2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
  • 2.3 Menunjukkan perilaku Mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
  • 3.2 Mengenal gambar alam benda, dan kolase
  • 3.3. Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
  • 4.3 Menggambar model benda kesukaan berdasarkan pengamatan langsung
  • 4.4. Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam
  • 4.6 Memainkan pola irama lagu bertanda birama empat dan menunjukkan perbedaan panjang pendek bunyi
  • 4.7 Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang harus dikenal

  1. INDIKATOR

PPKn
ü  Memberikan contoh keberagaman di lingkungannya dengan rasa percaya diri
ü  Mengagumi keragaman suku, etnis, dan bahasa sebagai keunggulan di wilayah negara Indonesia.
Bahasa Indonesia
ü  Bersikap tertib (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
ü  Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
ü  Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
ü  Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
ü  Menyapa dengan kata atau kalimat sapaan yang sesuai
ü  Menyapa dan mengucapkan selamat dengat kalimat yang sesuai
ü  Menyapa dan menyampaikan ucapan terima kasih dengan kalimat yang sesuai
ü  Menyapa dan menyampaikn permohonan maaf dengan kalimat yang sesuai
Matematika
ü  Menyebutkan besarnya uang saku yang diterima stiap hari atau minggu
ü  Menyebutkan sumber perolehan uang saku
ü  Menghitung besarnya penggunaan uang saku untuk konsumsi, uang tabungan, dan social
ü  Membandingkan nilai uang yang berbeda
ü  Menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan uang
ü  Menentukan hasil operasi hitung melalui transaksi jual beli yang melibatkan uang
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
ü  Melakukan aktivitas fisik secara teratur
ü  Menerapkan perilaku hidup sehat di sekolah
ü  Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan
ü  Memperagakan kombinasi gerak dasar lari
Seni, Budaya, dan Prakarya
ü  Menjelaskan keunikan karya seni dan karya kreatif berbagai daerah
ü  Memuji karya seni dan karya kreatif teman
ü  Merawat karya seni dan karya kreatif yang ada di sekolah
ü  Menunjukkan kebanggaan terhadap karya sendiri

  1. TUJUAN
v  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
v  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
v  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar, melihat,membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
v  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

  1. MATERI
PPKn
Ø  keberagaman agama, bahasa, suku bangsa, dan sosial ekonomi
Bahasa Indonesia
Ø  Sikap tertib dalam mendengarkan doa
Ø  Menyapa dan mengucapkan selamat, terima kasih, dan permohonan maaf dengan kata dan kalimat yang sesuai
Matematika
Ø  jumlah uang
Ø  operasi hitung
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Ø  berjalan jinjit ke berbagai arah mengikuti aba-aba dan berlari membawa benda yang diletakkan di kepala
IPA
Ø  Ciri-ciri fisik makhluk hidup (hewan, tumbuhan)
Seni, Budaya, dan Prakarya
Ø  karya seni dan karya kreatif






  1. PENDEKATAN & METODE
  • Pendekatan : Scientific
  • Strategi : Cooperative Learning
  • Teknik : Example Non Example
  • Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  • Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
  • Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
  • Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
  • Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
  • Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
  • Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan .

Inti
  • Mengamati gambar mahluk hidup (hewan, tumbuhan dll)
  • Mencari informasi tentang ciri-ciri fisik hewan
  • Menyimpulkan ciri-ciri fisik hewan (kambing, kucing, burung, merpati, ayam dll )
  • Membandingkan ciri-ciri fisik hewan (kambing, kucing,ayam, merpati dll )
  • Menyimpulkan hasil pengamatan tentang persamaan dan perbedaan hewan ( burung, merpati, ayam, kambing, mamalia, kucing dll )
  • Mengkomunikasikan persamaan dan perbedaan ciri-ciri fisik kucing dan kambing
  • Menyusun cerita narasi tentang kucing dengan memperhatikan tanda baca.
  • Mengamati proses perkembangbiakan hewan
  • Memepercakapkan persamaan dan perbedaan hewan ( mamalia, reptilia, serangga, unggas dll)
  • Membedakan metamorfosis sempurna (lengkap) dan metamorfosis tidak sempurna (tidak lengkap)
  • Menyimpulkan hasil pengumpulan data tentang metamorfosis sempurna (lengkap) dan metamorfosis tidak sempurna (tidak lengkap)
  • Membuat cerita “ Jika Aku Menjadi Kupu-kupu “
  • Menyanyi lagu “ Kupu-kupu” sesuai nada yang tepat dengan solmisasi
  • Menggambar kartu bergambar daur hidup kupu-kupu.
  • Mengkomunikasikan hasil diskusi tentang daur hidup hewan ( kecoa, katak dll )
  • Mengamati bagian-bagian tanaman
  • Mencari informasi persamaan dan perbedaan tanaman ( perdu, pohon, dll )
  • Mengumpulkan data tentang nama tanaman, proses penyerbukan dan yang membantu proses penyerbukan.
  • Membandingkan ciri-ciri tanaman yang berbeda.
  • Menyimpulkan persamaan dan perbedaaan tanaman.
  • Menyusun naskah drama tentang kehidupan hewan dan tumbuhan
  • Mengamati gambar anak-anak yang sedang senam, kerja bakti di rumah, sekolah, kegiatan lingkungan dll
  • Tanya jawab tentang kerja bakti di rumah, sekolah dan masyarakat.
  • Membaca teks bacaan tentang Kerja Bakti di Sekolah
  • Mendiskusikan isi teks bacaan tentang kerja bakti di sekolah
  • Mengumpulkan data tentang tentang hak dan kewajiban anggota masyarakat
  • Mengumpulkan data tentang Hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat sehubungan dengan perannya sebagai mahluk individu dan mahluk sosial secar tertulis
  • Mengkomunikasikan hasil wawancara dengan Ketua RT /RW tentang hak dan kewajiban anggota masyarakat
  • Menggambar benda/ binatang/tanaman sesuai contoh aslinya .
  • Mengamati Lingkungan bersih dan lingkungan kotor
  • Tanya jawab tentang lingkungan bersih dan lingkungan kotor
  • Mendiskusikan ciri-ciri lingkungan yang bersih, penyebab lingkungan menjadi kotor dan cara mengatasinya. ( Misal : asap kendaraan bermotor menyebabkan polusi udara dll )
  • Mengkomunikasikan hasil diskusi ciri-ciri lingkungan yang bersih, penyebab lingkungan menjadi kotor dan cara mengatasinya.
  • Mengamati panca indra
  • Membaca tentang bagian –bagian mata beserta fungsi dan cara keerjanya
  • Membaca Dialog tentang penggunaan obat
  • Menyimpulkan kebiasaan buruk yang merusak mata
  • Menulis dialog yang berisi anjuran menjaga kesehatan mata
  • Mendiskusikan tentang kebersihan , kepatuhan,ketertiban masyarakat terhadap peraturan.
  • Membaca Teks bacaan “ Menjaga Lingkungan “ dengan aturan bacaan yang benar
  • Merubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung berupa petunjuk pemakaian alat/ obat kesehatan berdasarkan dialog yang dibacanya..
  • Membedakan sampah organik dan non organik
  • Mencatat perilaku terpuji dan tidak terpuji dalam menjaga kesehatan lingkungan
  • Mendiskusikan jadwal kegiatan yang harus dilakukan untuk menjaga lingkungan sekolah
  • Mengkomunikasikan kalimat anjuran diserttai gambar yang diwarnainya sendiri.
  • Memperagakan gerakan statis statis dan dinamis
  • Bermain menjala ikan
  • Mengamati Pemandangan alam
  • Membaca Pusi “ Cantiknya Kebunku
  • Melakukan gerakan senam irama Menyimak penjelaskan pengertian habitat dan populasi
  • Membaca Sekilas Teks bacaan tentang kelompok burung
  • Mengumpulkan data tentang Contoh habitat di lingkungan sekitar serta mahluk hidup yang ada di dalamnya.
  • Mencari keterkaitan mahluk hidup dengan habitatnya.
  • Menyusun teks deskripsi tentang keterkaitan mahluk hidup dengan habitatnya
  • Membaca puisi yang dibuatnya tentang keindahan alam.
  • Membaca sekilas “Perilaku tertib di Masyarakat” ( Misal : bergiliran antri di apotek, penggunaan telpon umum dll )
  • Menyimak penjelasan nguru tentang pengertian dan contoh peribahasa
  • Mengamati kegiatan penyuluhan kesehatan
  • Menyimak penjelasan guru tentang pelayanan kesehatan dan kesejahteraan untuk masyarakat,
  • Membaca teks “ peran apotek bagi masyarakat dalam menjaga kesehatan”
  • Melengkapi kalimat rumpang pada suatu bacaan
  • Mencari data tempat pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dan jenis pelayannya ( PMI. Puskesmas, Posyandu )
  • Mendiskusikan persamaan dan perbedaan Puskesmas, Posyandu dan PMI
  • Menyampaikan laporan kunjungan ke Puskesmas
  • Merencanakan kegiatan Penyuluhan tentang Kesehatan Mata
  • Mengkomunikasikan hasil kegiatan penyuluhan dokter di sekolah melalui laporan ilmiah berjudul “ Laporan Kunjungan Dokter ke Sekolahku”
  • Mengamati contoh poster
  • Mempercakapkan pengertian poster
  • Mendesain poster tentang kebersihan lingkungan atau keindahan lingkungan secara kelompok dan tentang pentingnya kesehatan mata
  • Membuat poster tentang kebersihan lingkungan atau keindahan lingkungan secara kelompok dan tentang pentingnya kesehatan mata
  • Mengamati bahan-bahan makanan ( buah, sayuran )
  • Mengumpulkan data tentang kandungan gizi dalam makanan
  • Merencanakan menu untuk sehari makanan berbahan dasar buah dan sayuran
  • Mencatat kandungan gizi menu makanan yang direncanakannya
  • Menyimak penjelasan guru tentang pecahan dalam bentuk gambar dan garis bilangan
  • Menghitung kandungan gizi dengan pecahan senilai
  • Mengamati karya seni 3 dimensi
  • Mencari informasi cara membuat karya seni 3 dimensi ( misal patung dari tanah liat )
  • Merancang karya seni 3 dimensi.
  • Membuat karya seni 3 dimensi dari bahan alam
  • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan dengan sistem KPK.
  • Membandingkan pecahan menggunakan garis bilangan
  • Menyederhanakan suatu pecahan dengan FPB



Penilaian proses:
  • Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
  • Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
  • Menilai dengan lembar pengamatan perilaku


Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar kebersihan kelas
• Gambar kegiatan menyapu kelas
• Gambar kegiatan membersihkan debu
• Gambar kegiatan menata buku
• Membersihkan jendela kelas

Kelompok gambar kebersihan rumah
• Gambar kegiatan menyapu rumah
• Gambar kegiatan mengepel lantai
• Gambar kegiatan menata tempat tidur
• Gambar kegiatan membersihkan/menyapu kebun

Kelompok gambar kebersihan lingkungan/kerja
bakti kampung
• Gambar kegiatan membersihkan selokan
• Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan
• Gambar kegiatan membuang sampah
• Gambar kegiatan merawat tanaman peneduh

Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada
pembahasan kebersihan lingkungan, ruang,
kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada
kesehatan. Kegiatan membersihkan lingkungan
merupakan cerminan dari kerukunan dan saling
membantu, dan bekerjasama. Siswa yang
sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan
berdampak pada kerjasama yang baik, dan
hasilnya merupakan cerminan dari sikap
bertanggung jawab.

  • Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
  • Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
  • Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya

  • Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu ” Oh Ibu dan Ayah ” untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
• Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikanlagu
• Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
• Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
• Menggunakan format pengamatan

  • Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu. Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb

  • Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)

Guru Mengamati cara siswa dalam
BERCERITA (penilaian proses)

  • Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat

  • Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang
  • Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat

Penutup
  • Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit
  • Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  • Melakukan penilaian hasil belajar

  • Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)

• Mengamati sikap siswa dalam berdo’a
(sikap duduknya, cara membacanya, cara
melafalkannya dsb)
• Apabila ada siswa yang kurang benar dan
kurang sempurna dalam berdo’a, maka
setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung
diberi nasehat agar besok kalau berdoa
lebih disempurnakan


  1. SUMBER DAN MEDIA
·         Buku Tematik Kelas IV
·         Media gambar
·         Casette tape recorder
·         lingkungan sekitar
·         apotek
·         Benda-benda sebenarnya (serangga, kucing , obat , buah , sayuran dll )
·         Perlengkapan untuk eksperimen / eksplorasi
·         Surat kabar, majalah, tabloid, print out internet dll
·         Poster
·         Karya seni 3 dimensi
·         Bahan untuk membuat karya seni
·         Buku Pegangan siswa


  1. PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
  1. Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk
b.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian







Mengetahui                                                                             Semarang,20 Desember 2014
Kepala Sekolah,                                                                                  Guru kelas IV


( ___________________ )                                                      ( ___________________ )
NIP ..................................                                                      NIP ..................................
                                                           
























Materi dan Media Pembelajaran IPA



Makhluk hidup memiliki ciri-ciri, antara lain :
1. Memerlukan makanan 
    Demi kelangsungan hidup, makhluk hidup memerlukan makanan. Melalui makanan makhluk hidup      mendapatkan tenaga untuk melakukan aktivitas seperti bergerak, berjalan, memperbaiki tubuh yang rusak, dan masih banyak lagi.
 Gambar 1.1 Ciri-ciri makhluk hidup
Hewan memakan rumput.
2. Dapat bergerak
    Makhluk hidup memiliki kemampuan berpindah tempat atau bergerak. Sehingga memungkinkan hewan dan manusia dapat berjalan dan berlari. Manusia bergerak dengan dua kaki dan hewan bergerak ada yang menggunakan dua kaki dan empat kaki. Sedangkan tumbuhan hanya dapat bergerak saja, tidak dapat berjalan. Tumbuhan bergerak menuju arah datangnya sinar matahari. Gerakan ini untuk memperoleh sinar matahari yang digunakan untuk menghasilkan makanan sendiri dan untuk melindungi diri.

Gambar 2.1 Kanguru yang bergerak
 dengan kaki empat.

 Gambar 2.2 Ayam yang bergerak
 dengan kaki dua.


3. Tumbuh
    Manusia, hewan, dan tumbuhan mengalami pertumbuhan selama hidupnya. Manusia tumbuh dari pertemuan sel telur kemudian setelah 9 bulan 10 hari lahir dari rahim ibunya dan dari bayi mengalami pertumbuhan tinggi badan, berat badan, dan sel-sel tubuhnya semakin banyak. Hewan juga tumbuh menjadi lebih besar antara tinggi dan berat badannya. Tumbuhan pun mengalaminya menjadi lebih tinggi dan batangnya menjadi lebih lebar diameternya.
 Gambar 3.1 Pertumbuhan manusia
Gambar 3.2 Pertumbuhan hewan (pada ayam)
Gambar 3.3 Pertumbuhan tumbuhan (pada kacang kedelai)


4. Berkembangbiak
    Manusia, hewan, dan tumbuhan bertambah banyak atau berkemban biak memperbanyak keturunan agar tidak punah. Kemampuan makhluk hidup untuk melestarikan keturunannya disebut berkembang biak. Manusia berkembang biak dengan melahirkan, hewan berkembang biak ada yang melahirkan dan ada yang bertelur, sedangkan tumbuhan dengan biji ada juga yang berkembang biak dengan batang.
Gambar 4.1 Ayam berkembang biak
 dengan bertelur
Gambar 4.2 Tumbuhan berkembang biak
Gambar 4.3 Manusia berkembang biak

5. Bernapas
    Makhluk hidup bernapas untuk tumbuh, berkembang biak, bergerak, dan digunakan masih banyak lagi. Dalam bernapas membutuhkan oksigen kemudian mengalami pembakaran di dalam tubuh dan menghasilkan karbondioksida, tenaga, dan uap air. Berbeda dengan tumbuhan, tumbuhan bernapas pada pagi dan siang hari membutuhkan karbondioksida untuk berfotosintesis dan menghasilkan oksigen yang berguna untuk manusia dan hewan. Sedangkan pada malam hari tumbuhan menyerap oksigen dan mengeluarkan karbondioksida.
Gambar 5.1 Ikan bernapas dengan insang



Gambar 5.2 Tumbuhan bernapas mengeluarkan oksigen
Gambar 5.3 Manusia bernapas dengan paru-paru
































Materi PPKn

  1. Materi
Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan tersebut terutama dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya, ekonomi, dan jeniskelamin. Keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaandan keindahan bangsa. 
Gambaran keberagaman bangsa Indonesia dapat kita lihat dari ras, dan sukudengan memperhatikan warna kulit, bentuk rambut dan lain lain. Gambarankeberagaman bangsa Indonesia dapat kita lihat dari sosial budaya, sedangkan dariseni sebagai hasil dari kebudayaan dapat kita lihat dari tarian dan nyanyian. Yangsemuanya terbingkai dalam semangat Bhinneka Tunggal Ikac.
Keberagaman bangsa Indonesia terutama terbentuk oleh jumlah suku bangsa yangmendiami wilayah Indonesia sangat banyak dan tersebar di mana-mana. Setiapsuku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri, baik dalam aspek social maupun budaya. Antar suku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman di Indonesia. Keberagaman lainnya. dari bangsa Indonesia.

  1. Media Pembelajaran PPkN Skrip simulasi tentanga.

·         Menghargai orang yang berbeda agama, misalkan dalam pelaksanaan bulan puasa
·         Keanekaragaman seni dan tari dari masing-masing daerah di Indonesia
Tari Reog Ponorogo Jawa Timur

Tari Pendet
Tari Topeng Kuncaran Jawa Barat










Materi dan Media Pembelajaran Matematika


  1. Mengidentifikasi Sifat-Sifat Operasi Hitung
1.      Sifat Komutatif
Sifat komutatif disebut juga sifat pertukaran bilangan. Sifat ini berlaku pada operasi hitung penjumlahan dan perkalian.
Contoh:
1)     5 + 3  =  3 + 5                                                         2)   10 x 8  =  8 x 10
2.      Sifat Asosiatif
Sifat asosiatif disebut juga sifat pengelompokkan. Sifat ini berlaku pada operasi hitung penjumlahan dan perkalian.
Contoh:
1)     (6 + 4) + 7  =  6 + (4 + 7)                                       2)   3 x (2 x 5)  =  (3 x 2) x 5

3.      Sifat Distributif
Sifat distributif disebut juga sifat penyebaran. Sifat ini merupakan gabungan antara operasi hitung perkalian dengan penjumlahan atau perkalian dengan pengurangan.
a.   Distributif perkalian terhadap penjumlahan
Contoh:
1)     5 x (1 + 9)  =  (5 x 1) + (5 x 9)                           2)   (6 x 2) + (6 x 7)  =  6 x (2 + 7)

b.   Distributif perkalian terhadap pengurangan
Contoh:
1)     3 x (8 − 4)  =  (3 x 8) − (3 x 4)                           2)   (11 x 5) + (11 x 1)  =  11 x (5 − 1)

  1. Mengurutkan Bilangan
1.    Membaca Lambang Bilangan sampai Ratus Ribuan
Bilangan ratus ribuan merupakan bilangan yang terdiri dari 6 angka.
13.525 dibaca tiga belas ribu lima ratus dua puluh lima.
714.350 dibaca tujuh ratus empat belas ribu tiga ratus lima puluh.

2.    Menentukan Nilai Angka dan Tempat
Perhatikan bilangan berikut ini:
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhY6jCH2D_QEXmTAGY7krY8YxWWKFdo04p-PQkpZYSyICUICEcUS5Mt81eQeDwBogwhM-aTLzeFo80lnwdadoaXWjbowd_EEn3r0_HgDkKN4Lov55q_uxR3gXgvUmSKSenAKfbfsEaaBGs/s640/fdfhju.png
Jika ditulis dalam bentuk panjang adalah sebagai berikut:
394.157  =  300.000  +  90.000  +  4.000  +  100  +  50  +  7

Contoh:
1.    Penulisan yang benar untuk menyatakan ”Delapan puluh empat ribu seratus tujuh belas” adalah  . . . . .    (Jawab: 84.117)
2.    Nilai angka 3 pada bilangan 453.864 adalah  . . . .  (Jawab:  3.000)
3.    Angka yang menempati tempat ribuan pada bilangan 196.850 adalah  . . . .   (Jawab: 6)


3.    Mengurutkan Bilangan
Sebelum mengurutkan bilangan, terlebih dahulu dilakukan membandingkan bilangan, yaitu dengan cara membandingkan angka yang menempati tempat yang sama (dimulai dari angka yang paling kiri).
Contoh:
1.      Manakah yang lebih besar  294.517 atau  293.120 ?
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjp0cc0kbqaHz8tUzQdSp6Jpu66sbBBPtPCSaSkpqzeLzxQwZ1p4mZpx_dUmeh3Da0udioX-9j0fbo2qF2gM8-k_IMXSzAYHqGmYhjvbtrrb1NiCh1cnrwEGMjSyRG_zmoQYh3gw6pQdxo/s400/Untitled.png
Karena 4 > 3 pada tempat ribuan, maka 294.517 > 293.120.

2.    Urutkan bilangan-bilangan berikut dari yang terbesar!
49.561  ;    82.563   ;    91.932   ;   81.163
Jawab:
91.932  ;  82.563  ;  81.163  ;  49.561

C.  Melakukan operasi perkalian dan pembagian
1.    Perkalian
Perkalian merupakan penjumlahan berulang.
12 x 3  =  12 + 12 + 12 = 36 
a)        Cara susun panjang

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgplKt6WhF54rZWcXeDazRiG0tnLoJdIOeGP54UPsAVuIMjZW6xhBlgyZZInpOYNasqpAyAsy_r5yuvpIPdxLDqObcZX8uNswjARoQdlP1PrulIek-u8S7wRtNWxtXlrkz6hhMvUmCKE9g/s200/bhahds.png



b)        Cara susun pendek
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxGbLDOGYyND0ZeMBJi_qR3V8G687fciFzZHVsM_0OOeydl4dXmDXafxuHZo4jnS83xrSDB5f16_Qju8Or6R4gNdnZqXBE2n5kLDNtOOOgifsNtE9bnnBDId8d42zsutScK-vdbb4X5ho/s200/jhhd.png
2.    Pembagian
Pembagian merupakan pengurangan berulang.
15 - 5  =  10
10 – 5 =  5
5 – 5 =  0
Maka,  15  : 5  = 3
a)    Pembagian tanpa sisa
Contoh:
1.    18 : 9 = 2
2.    36 : 3 = 12
3.    60 : 4 = 15

b)    Pembagian bersisa
Contoh:
1.    25 : 4 = 6 sisa 1
2.    48 : 5 = 9 sisa 3
3.    100 : 11  =  9 sisa 1
          

D.  Melakukan operasi hitung campuranOperasi hitung campuran diselesaikan berdasarkan tingkatannya, yaitu sebagai berikut:
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgvdoNU3GnubuA5h6dIxC7I88KfDAOeHJKudrfgaXaH72kcSFlpPZtLYC6CrTJYLzpycZdJ2802RK8NW_2am38A-82GJ4Mpxsq0pLY9rGFUFDwZdF1YCxJsFqcKssfJJtzju_St5zvNaVg/s640/dhSVh.png
Ø  Tanda yang lebih kuat dikerjakan lebih dulu.
Ø  Jika tandanya sama kuat, maka dikerjakan dari yang kiri dulu. 
Ø  Jika ada tanda kurung, maka operasi hitung yang didalam kurung dikerjakan terlebih dahulu.
Contoh:
1.    Berapakah hasil dari 3 + 4 x 5 ?
Jawab:
3 + 4 x 5  =  3 + 20
   =  23
2.    Hasil dari  8  x  4 – 10 :  2  adalah   . . . .
Jawab:
8 x 4 – 10 : 2    =  32 – 10 : 2
                         =  32 –  5
                         =  28


E.  Melakukan pembulatan dan penaksiran
1.    Pembulatan
Ø  Satuan terdekat
÷ Jika angka persepuluhannya kurang dari 5, maka angka satuannya tetap.
Contoh:
3,2    dibulatkan menjadi  3.
18,3  dibulatkan menjadi 18.

÷ Jika angka persepuluhannya lebih atau sama dengan 5, maka angka satuannya ditambah 1.
Contoh:
6,8      dibulatkan menjadi  7.
215,6  dibulatkan menjadi  216.

Ø  Puluhan terdekat
÷ Jika angka satuannya kurang dari 5, maka angka puluhannya tetap, dan angka satuannya menjadi 0.
Contoh:
62   dibulatkan menjadi 60.
121 dibulatkan menjadi 120.

÷ Jika angka satuannya lebih atau sama dengan 5, maka angka puluhannya ditambah 1, dan angka satuannya menjadi 0.
Contoh:
16   dibulatkan menjadi 20.
105 dibulatkan menjadi 110.

Ø  Ratusan terdekat
÷ Jika angka puluhannya kurang dari 5, maka angka ratusannya tetap, angka puluhan dan angka satuan menjadi 0.
Contoh:
29   dibulatkan menjadi 0.
147 dibulatkan menjadi 100.

÷ Jika angka puluhannya lebih atau sama dengan 5, maka angka ratusannya ditambah 1, angka puluhan dan angka satuan menjadi 0.
Contoh:
192   dibulatkan menjadi 200.
2.463 dibulatkan menjadi 2.500.

Ø  Ribuan terdekat
÷ Jika angka ratusannya kurang dari 5, maka angka ribuannya tetap, angka ratusan, puluhan, dan satuan menjadi 0.
Contoh:
4.175   dibulatkan menjadi 4.000.
9.218 dibulatkan menjadi 9.000.

÷ Jika angka ratusannya lebih atau sama dengan 5, maka angka ribuannya ditambah 1, angka ratusan, puluhan, dan satuan menjadi 0.
Contoh:
2.850 dibulatkan menjadi 3.000.
9.525   dibulatkan menjadi 10.000.

2.    Penaksiran
·         Taksiran atas dilakukan dengan cara bilangan-bilangan dibulatkan ke atas.
Contoh:
Tentukan hasil dari 12 x 97 !
Jawab:
Karena menggunakan taksiran atas, maka:
12 dibulatkan menjadi 20
97 dibulatkan menjadi 100
Sehingga, taksiran 12 x 97  =  20 x 100  =  2000.

·         Taksiran bawah dilakukan dengan cara bilangan-bilangan dibulatkan ke bawah.
Contoh:
Tentukan hasil dari 29 x 53 !
Jawab:
Karena menggunakan taksiran bawah, maka:
29 dibulatkan menjadi 20
53 dibulatkan menjadi 50
Sehingga, taksiran 29 x 53  =  20 x 50  =  1000.

·         Taksiran terbaik dilakukan dengan cara bilangan-bilangan dibulatkan berdasar aturan pembulatan.
Contoh:
Tentukan hasil dari 31 x 76 !
Jawab:
Karena menggunakan taksiran terbaik, maka:
31 dibulatkan menjadi 30
76 dibulatkan menjadi 80
Sehingga, taksiran 31 x 76  =  30 x 80  =  2400.


F. Memecahkan masalah yang melibatkan uang
Contoh:
1.    Di dalam dompet Ibu terdapat 2 lembar uang lima puluh ribuan, 4 lembar uang sepuluh ribuan, 1 lembar uang lima ribuan, dan 3 keping koin lima ratusan. Berapa jumlah uang yang ada di dompet Ibu?
Jawab:
        Jumlah uang  =  (2 x 50.000) + (4 x 10.000) + (1 x 5.000) + (3 x 500)
                               =  100.000 + 40.000 + 5.000 + 1.500
                               =  146.500
       Jadi, jumlah uang yang ada di dompet Ibu adalah Rp 146.500,-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar