RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD N 01 PGRI Semarang
Kelas/Semester : IV/1 (Satu)
Tema : Peduli
terhadap Makhluk Hidup
Alokasi Waktu : 1 Hari
- KOMPETENSI INTI
- Menerima
, menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
- Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
- Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca]
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah,
dan tempat bermain.
- Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
- KOMPETENSI DASAR
PPKn
- Menunjukkan
perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah dan
masyarakat sekitar
- Menunjukkan
perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
- Memahami
hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah,
sekolah dan masyarakat
- Memahami
manfaat keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan
masyarakat
- Melaksanakan
kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
- Bekerjasama
dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat
Bahasa Indonesia
- 1.2
Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan
lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional,
perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan social
- 2.1.
Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan
energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
- 3.1.
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
- 3.2.
Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta
penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
- 3.4.
Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan
sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
- 4.1.
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang
gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
- 4.2.
Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan
pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
- 4.4.
Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
Matematika
- 2.1
Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi
hitung campuran
- 3.1
Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan
menggunakan benda kongkrit/gambar
- 3.7
Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan
kelipatan persekutuan terkecil (KPK)
- 3.13
Memahami pecahan senilai dan operasi hitung pecahan menggunakan benda
kongkrit/gambar
- 4.3.
Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
- 4.7.
Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik
- 4.9
Mengumpulkan dan menata data diskrit dan menampilkan data menggunakan
bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram
lingkaran
- 4.13
Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan
dua buah pecahan lainnya dengan berbagi kemungkinan jawaban
IPA
- 2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
- 2.2.
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri
maupun berkelompok
- 3.1. Menjelaskan bentuk luar tubuh
hewan dan tumbuhan dan fungsinya
- 3.2.
Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup
- 4,1
Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan
dan tumbuhan serta fungsinya
- 4.2
Menyajikan secara tertulis hasil pengamatan daur hidup beberapa jenis
mahluk hidup.
IPS
- 2.3.
Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi
sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
- 3.5
Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi
- 4.5.
Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
- 1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugrah Tuhan yang tidak ternilai
- 1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud
syukur kepada sang Pencipta
- 2.2.
Menunjukkan perilaku santun kepada teman, guru dan lingkungan sekolah
selama pembelajaran penjas
- 3.2.
Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan
perkembangan tubuh
- 3.4
Memahami jenis cidera dan mampu melakukan penanggulangan sederhana selama
melakukan aktivitas fisik
- 4.4.
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/
teknik dasar senam (seperti: hand stand, kayang, dsb) dan kombinasi pola
gerak dominan posisi statis dan dinamis, tumpuan dan gantungan (misalnya:
gerak hand stand berpasangan) secara berpasangan
- 4.5
Mempraktikkan pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah
dikenal yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan
music
Seni, Budaya, dan Prakarya
- 2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar
untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
- 2.3
Menunjukkan perilaku Mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan
kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
- 3.2
Mengenal gambar alam benda, dan kolase
- 3.3.
Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak
tangan
- 4.3
Menggambar model benda kesukaan berdasarkan pengamatan langsung
- 4.4.
Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam
- 4.6
Memainkan pola irama lagu bertanda birama empat dan menunjukkan perbedaan
panjang pendek bunyi
- 4.7
Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang harus dikenal
- INDIKATOR
PPKn
ü Memberikan
contoh keberagaman di lingkungannya dengan rasa percaya diri
ü Mengagumi
keragaman suku, etnis, dan bahasa sebagai keunggulan di wilayah negara Indonesia.
Bahasa Indonesia
ü Bersikap
tertib (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
ü Mengambil
sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
ü Melafalkan
kata-kata teks doa dengan jelas
ü Melafalkan
kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
ü Menyapa
dengan kata atau kalimat sapaan yang sesuai
ü Menyapa
dan mengucapkan selamat dengat kalimat yang sesuai
ü Menyapa
dan menyampaikan ucapan terima kasih dengan kalimat yang sesuai
ü Menyapa
dan menyampaikn permohonan maaf dengan kalimat yang sesuai
Matematika
ü Menyebutkan
besarnya uang saku yang diterima stiap hari atau minggu
ü Menyebutkan
sumber perolehan uang saku
ü Menghitung
besarnya penggunaan uang saku untuk konsumsi, uang tabungan, dan social
ü Membandingkan
nilai uang yang berbeda
ü Menyelesaikan
operasi hitung yang melibatkan uang
ü Menentukan
hasil operasi hitung melalui transaksi jual beli yang melibatkan uang
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
ü Melakukan
aktivitas fisik secara teratur
ü Menerapkan
perilaku hidup sehat di sekolah
ü Memperagakan
kombinasi gerak dasar jalan
ü Memperagakan
kombinasi gerak dasar lari
Seni, Budaya, dan Prakarya
ü Menjelaskan
keunikan karya seni dan karya kreatif berbagai daerah
ü Memuji
karya seni dan karya kreatif teman
ü Merawat
karya seni dan karya kreatif yang ada di sekolah
ü Menunjukkan
kebanggaan terhadap karya sendiri
- TUJUAN
v Menerima
dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
v Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
v Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar, melihat,membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
v Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
- MATERI
PPKn
Ø keberagaman
agama, bahasa, suku bangsa, dan sosial ekonomi
Bahasa Indonesia
Ø Sikap
tertib dalam mendengarkan doa
Ø Menyapa
dan mengucapkan selamat, terima kasih, dan permohonan maaf dengan kata dan
kalimat yang sesuai
Matematika
Ø jumlah
uang
Ø operasi
hitung
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Ø berjalan
jinjit ke berbagai arah mengikuti aba-aba dan berlari membawa benda yang diletakkan
di kepala
IPA
Ø Ciri-ciri
fisik makhluk hidup (hewan, tumbuhan)
Seni, Budaya, dan Prakarya
Ø karya
seni dan karya kreatif
- PENDEKATAN & METODE
- Pendekatan
: Scientific
- Strategi
: Cooperative Learning
- Teknik
: Example Non Example
- Metode
: Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
|
Inti
|
|
|
Penilaian proses:
|
||
Gambar-gambar untuk Example non
Example
Kelompok gambar kebersihan
kelas
• Gambar kegiatan menyapu kelas
• Gambar kegiatan membersihkan
debu
• Gambar kegiatan menata buku
• Membersihkan jendela kelas
Kelompok gambar kebersihan
rumah
• Gambar kegiatan menyapu rumah
• Gambar kegiatan mengepel
lantai
• Gambar kegiatan menata tempat
tidur
• Gambar kegiatan
membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar kebersihan
lingkungan/kerja
bakti kampung
• Gambar kegiatan membersihkan
selokan
• Gambar kegiatan membersihkan
sampah di jalanan
• Gambar kegiatan membuang
sampah
• Gambar kegiatan merawat
tanaman peneduh
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan
berkembang pada
pembahasan kebersihan
lingkungan, ruang,
kelas, rumah, sekolah akan
berdampak pada
kesehatan. Kegiatan
membersihkan lingkungan
merupakan cerminan dari
kerukunan dan saling
membantu, dan bekerjasama.
Siswa yang
sedang berdiskusi (berpikir
berpasangan) akan
berdampak pada kerjasama yang
baik, dan
hasilnya merupakan cerminan
dari sikap
bertanggung jawab.
|
||
|
||
• Guru
mengamati sikap siswa dalam menyanyikanlagu
• Memberi
contoh sikap yang benar dalam menyanyi
• Menilai
siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap
menyanyi, semangatnya dsb)
•
Menggunakan format pengamatan
|
||
|
||
|
||
Guru Mengamati cara siswa dalam
BERCERITA (penilaian proses)
|
||
|
||
|
||
Penutup
|
|
15 menit
|
|
||
|
||
• Mengamati sikap siswa dalam
berdo’a
(sikap duduknya, cara
membacanya, cara
melafalkannya dsb)
• Apabila ada siswa yang kurang
benar dan
kurang sempurna dalam berdo’a,
maka
setelah selesai kegiatan
berdo’a, langsung
diberi nasehat agar besok kalau
berdoa
lebih disempurnakan
|
- SUMBER DAN MEDIA
·
Buku Tematik Kelas IV
·
Media gambar
·
Casette tape recorder
·
lingkungan sekitar
·
apotek
·
Benda-benda sebenarnya (serangga, kucing , obat
, buah , sayuran dll )
·
Perlengkapan untuk eksperimen / eksplorasi
·
Surat kabar, majalah, tabloid, print out
internet dll
·
Poster
·
Karya seni 3 dimensi
·
Bahan untuk membuat karya seni
·
Buku Pegangan siswa
- PENILAIAN
- Prosedur
Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
- Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
·
Penilaian Kinerja
·
Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda
·
Isian singkat
·
Esai atau uraian
Mengetahui Semarang,20
Desember 2014
Kepala Sekolah, Guru
kelas IV
( ___________________ ) (
___________________ )
NIP .................................. NIP
..................................
Materi
dan Media Pembelajaran IPA
Makhluk
hidup memiliki ciri-ciri, antara lain :
1.
Memerlukan makanan
Demi kelangsungan hidup, makhluk hidup memerlukan makanan. Melalui makanan
makhluk hidup mendapatkan tenaga untuk melakukan
aktivitas seperti bergerak, berjalan, memperbaiki tubuh yang rusak, dan masih
banyak lagi.
Gambar 1.1 Ciri-ciri makhluk hidup
Hewan memakan rumput.
2.
Dapat bergerak
Makhluk hidup memiliki kemampuan berpindah tempat atau bergerak. Sehingga
memungkinkan hewan dan manusia dapat berjalan dan berlari. Manusia bergerak
dengan dua kaki dan hewan bergerak ada yang menggunakan dua kaki dan empat
kaki. Sedangkan tumbuhan hanya dapat bergerak saja, tidak dapat berjalan.
Tumbuhan bergerak menuju arah datangnya sinar matahari. Gerakan ini untuk
memperoleh sinar matahari yang digunakan untuk menghasilkan makanan sendiri dan
untuk melindungi diri.
Gambar 2.1 Kanguru yang bergerak
dengan kaki empat.
Gambar 2.2 Ayam yang bergerak
dengan kaki dua.
3. Tumbuh
Manusia, hewan, dan tumbuhan mengalami pertumbuhan selama hidupnya. Manusia
tumbuh dari pertemuan sel telur kemudian setelah 9 bulan 10 hari lahir dari
rahim ibunya dan dari bayi mengalami pertumbuhan tinggi badan, berat badan, dan
sel-sel tubuhnya semakin banyak. Hewan juga tumbuh menjadi lebih besar antara
tinggi dan berat badannya. Tumbuhan pun mengalaminya menjadi lebih tinggi dan
batangnya menjadi lebih lebar diameternya.
Gambar 3.1 Pertumbuhan manusia
Gambar 3.2 Pertumbuhan hewan (pada ayam)
Gambar 3.3 Pertumbuhan tumbuhan (pada kacang kedelai)
4.
Berkembangbiak
Manusia, hewan, dan tumbuhan bertambah banyak atau berkemban biak
memperbanyak keturunan agar tidak punah. Kemampuan makhluk hidup untuk
melestarikan keturunannya disebut berkembang biak. Manusia berkembang biak
dengan melahirkan, hewan berkembang biak ada yang melahirkan dan ada yang
bertelur, sedangkan tumbuhan dengan biji ada juga yang berkembang biak dengan
batang.
Gambar 4.1 Ayam berkembang biak
dengan bertelur
Gambar 4.2 Tumbuhan berkembang biak
Gambar 4.3 Manusia berkembang biak
5.
Bernapas
Makhluk hidup bernapas untuk tumbuh, berkembang biak, bergerak, dan digunakan
masih banyak lagi. Dalam bernapas membutuhkan oksigen kemudian mengalami
pembakaran di dalam tubuh dan menghasilkan karbondioksida, tenaga, dan uap air.
Berbeda dengan tumbuhan, tumbuhan bernapas pada pagi dan siang hari membutuhkan
karbondioksida untuk berfotosintesis dan menghasilkan oksigen yang berguna
untuk manusia dan hewan. Sedangkan pada malam hari tumbuhan menyerap oksigen
dan mengeluarkan karbondioksida.
Gambar 5.1 Ikan bernapas dengan insang
Gambar 5.2 Tumbuhan bernapas mengeluarkan oksigen
Gambar 5.3 Manusia bernapas dengan paru-paru
Materi PPKn
- Materi
Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat
banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan tersebut terutama dalam hal suku bangsa,
ras, agama, keyakinan, ideologi politik,
sosial budaya, ekonomi, dan jeniskelamin. Keanekaragaman
yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaandan keindahan bangsa.
Gambaran keberagaman bangsa Indonesia dapat kita lihat dari ras,
dan sukudengan memperhatikan warna kulit, bentuk rambut dan lain lain.
Gambarankeberagaman bangsa Indonesia dapat kita lihat dari sosial budaya,
sedangkan dariseni sebagai hasil dari kebudayaan dapat kita lihat dari tarian
dan nyanyian. Yangsemuanya terbingkai dalam semangat Bhinneka Tunggal Ikac.
Keberagaman bangsa Indonesia terutama terbentuk oleh jumlah suku
bangsa yangmendiami wilayah Indonesia sangat banyak dan tersebar di mana-mana.
Setiapsuku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri, baik dalam aspek social
maupun budaya. Antar suku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman di Indonesia. Keberagaman
lainnya. dari bangsa Indonesia.
- Media Pembelajaran PPkN Skrip
simulasi tentanga.
·
Menghargai orang yang berbeda
agama, misalkan dalam pelaksanaan bulan puasa
·
Keanekaragaman seni dan tari
dari masing-masing daerah di Indonesia
Tari Reog Ponorogo Jawa
Timur
Tari
Pendet
Tari
Topeng Kuncaran Jawa Barat
Materi dan Media Pembelajaran Matematika
- Mengidentifikasi
Sifat-Sifat Operasi Hitung
1.
Sifat Komutatif
Sifat
komutatif disebut juga sifat pertukaran bilangan. Sifat ini berlaku pada
operasi hitung penjumlahan dan perkalian.
Contoh:
1) 5 + 3
= 3 + 5
2) 10 x 8
= 8 x 10
2.
Sifat Asosiatif
Sifat
asosiatif disebut juga sifat pengelompokkan. Sifat ini berlaku pada operasi
hitung penjumlahan dan perkalian.
Contoh:
1) (6 +
4) + 7 =
6 + (4 + 7) 2) 3 x (2 x 5)
= (3 x 2) x 5
3.
Sifat Distributif
Sifat
distributif disebut juga sifat penyebaran. Sifat ini merupakan gabungan antara
operasi hitung perkalian dengan penjumlahan atau perkalian dengan pengurangan.
a. Distributif perkalian terhadap penjumlahan
Contoh:
1) 5 x (1 + 9) = (5 x
1) + (5 x 9)
2) (6 x 2) + (6 x 7) = 6 x
(2 + 7)
b. Distributif perkalian terhadap pengurangan
Contoh:
1) 3 x (8 − 4) = (3 x
8) − (3 x 4)
2) (11 x 5) + (11 x 1) = 11 x
(5 − 1)
- Mengurutkan
Bilangan
1. Membaca Lambang Bilangan sampai Ratus
Ribuan
Bilangan ratus ribuan merupakan
bilangan yang terdiri dari 6 angka.
13.525 dibaca tiga belas ribu
lima ratus dua puluh lima.
714.350 dibaca tujuh ratus empat
belas ribu tiga ratus lima puluh.
2. Menentukan Nilai Angka dan Tempat
Perhatikan bilangan berikut ini:
Jika ditulis dalam bentuk panjang
adalah sebagai berikut:
394.157 = 300.000 +
90.000 + 4.000
+ 100 +
50 + 7
Contoh:
1. Penulisan yang benar untuk menyatakan
”Delapan puluh empat ribu seratus tujuh belas” adalah . . . . .
(Jawab: 84.117)
2. Nilai angka 3 pada bilangan 453.864
adalah . . . . (Jawab:
3.000)
3. Angka yang menempati tempat ribuan pada
bilangan 196.850 adalah . . . . (Jawab: 6)
3. Mengurutkan Bilangan
Sebelum mengurutkan bilangan,
terlebih dahulu dilakukan membandingkan bilangan, yaitu dengan cara
membandingkan angka yang menempati tempat yang sama (dimulai dari angka yang
paling kiri).
Contoh:
1.
Manakah yang lebih besar 294.517 atau
293.120 ?
Karena 4 >
3 pada tempat ribuan, maka 294.517 > 293.120.
2. Urutkan bilangan-bilangan berikut dari yang
terbesar!
49.561 ;
82.563 ; 91.932
; 81.163
Jawab:
91.932 ;
82.563 ; 81.163
; 49.561
C. Melakukan operasi perkalian dan pembagian
1. Perkalian
Perkalian merupakan penjumlahan
berulang.
12 x 3 = 12 +
12 + 12 = 36
a)
Cara susun panjang
b)
Cara susun pendek
2. Pembagian
Pembagian merupakan pengurangan berulang.
15 - 5 = 10
10 – 5 = 5
5 – 5 = 0
Maka, 15 : 5 =
3
a) Pembagian
tanpa sisa
Contoh:
1. 18 : 9 = 2
2. 36 : 3 =
12
3. 60 : 4 =
15
b) Pembagian
bersisa
Contoh:
1. 25 : 4 = 6
sisa 1
2. 48 : 5 = 9
sisa 3
3. 100 :
11 =
9 sisa 1
D. Melakukan
operasi hitung campuranOperasi hitung campuran diselesaikan berdasarkan
tingkatannya, yaitu sebagai berikut:
Ø Tanda yang
lebih kuat dikerjakan lebih dulu.
Ø Jika tandanya
sama kuat, maka dikerjakan dari yang kiri dulu.
Ø Jika ada
tanda kurung, maka operasi hitung yang didalam kurung dikerjakan terlebih
dahulu.
Contoh:
1. Berapakah
hasil dari 3 + 4 x 5 ?
Jawab:
3 + 4 x 5
= 3 + 20
= 23
2. Hasil
dari 8
x 4 – 10 : 2
adalah . . . .
Jawab:
8 x 4 – 10 : 2
= 32 – 10 : 2
= 32 – 5
= 28
E. Melakukan
pembulatan dan penaksiran
1. Pembulatan
Ø Satuan
terdekat
÷ Jika angka persepuluhannya kurang dari 5, maka angka
satuannya tetap.
Contoh:
3,2
dibulatkan menjadi 3.
18,3 dibulatkan
menjadi 18.
÷ Jika angka persepuluhannya lebih atau sama dengan 5,
maka angka satuannya ditambah 1.
Contoh:
6,8
dibulatkan menjadi 7.
215,6
dibulatkan menjadi 216.
Ø Puluhan
terdekat
÷ Jika angka satuannya kurang dari 5, maka angka
puluhannya tetap, dan angka satuannya menjadi 0.
Contoh:
62 dibulatkan
menjadi 60.
121 dibulatkan menjadi 120.
÷ Jika angka satuannya lebih atau sama dengan 5, maka
angka puluhannya ditambah 1, dan angka satuannya menjadi 0.
Contoh:
16 dibulatkan
menjadi 20.
105 dibulatkan menjadi 110.
Ø Ratusan
terdekat
÷ Jika angka puluhannya kurang dari 5, maka angka
ratusannya tetap, angka puluhan dan angka satuan menjadi 0.
Contoh:
29 dibulatkan
menjadi 0.
147 dibulatkan menjadi 100.
÷ Jika angka puluhannya lebih atau sama dengan 5, maka
angka ratusannya ditambah 1, angka puluhan dan angka satuan menjadi 0.
Contoh:
192 dibulatkan
menjadi 200.
2.463 dibulatkan menjadi 2.500.
Ø Ribuan terdekat
÷ Jika angka ratusannya kurang dari 5, maka angka
ribuannya tetap, angka ratusan, puluhan, dan satuan menjadi 0.
Contoh:
4.175
dibulatkan menjadi 4.000.
9.218 dibulatkan menjadi 9.000.
÷ Jika angka ratusannya lebih atau sama dengan 5, maka
angka ribuannya ditambah 1, angka ratusan, puluhan, dan satuan menjadi 0.
Contoh:
2.850 dibulatkan menjadi 3.000.
9.525
dibulatkan menjadi 10.000.
2. Penaksiran
·
Taksiran atas dilakukan dengan cara bilangan-bilangan dibulatkan ke
atas.
Contoh:
Tentukan hasil dari 12 x 97 !
Jawab:
Karena menggunakan taksiran atas, maka:
12 dibulatkan menjadi 20
97 dibulatkan menjadi 100
Sehingga, taksiran 12 x 97 = 20 x
100 =
2000.
·
Taksiran bawah dilakukan dengan cara bilangan-bilangan dibulatkan ke
bawah.
Contoh:
Tentukan hasil dari 29 x 53 !
Jawab:
Karena menggunakan taksiran bawah, maka:
29 dibulatkan menjadi 20
53 dibulatkan menjadi 50
Sehingga, taksiran 29 x 53 = 20 x
50 =
1000.
·
Taksiran terbaik dilakukan dengan cara bilangan-bilangan dibulatkan
berdasar aturan pembulatan.
Contoh:
Tentukan hasil dari 31 x 76 !
Jawab:
Karena menggunakan taksiran terbaik, maka:
31 dibulatkan menjadi 30
76 dibulatkan menjadi 80
Sehingga, taksiran 31 x 76 = 30 x
80 =
2400.
F. Memecahkan masalah yang melibatkan uang
Contoh:
1. Di dalam
dompet Ibu terdapat 2 lembar uang lima puluh ribuan, 4 lembar uang sepuluh
ribuan, 1 lembar uang lima ribuan, dan 3 keping koin lima ratusan. Berapa
jumlah uang yang ada di dompet Ibu?
Jawab:
Jumlah
uang =
(2 x 50.000) + (4 x 10.000) + (1 x 5.000) + (3 x 500)
= 100.000 + 40.000 + 5.000 + 1.500
= 146.500
Jadi,
jumlah uang yang ada di dompet Ibu adalah Rp 146.500,-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar