Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
No : 3
Sekolah :
SDN Tlogosari Kulon 02
Mata Pelajaran :
KPDL
Kelas/ Semester :
IV/1
Alokasi Waktu :
8x35 Menit (4xPertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
cara merawat kamar tidur, kebersihan, dan kesehatan rumah, keamanan dan
ketertiban rumah.
B.
Kompetensi
Dasar
1.3.
Menjaga keamanan dan ketertiban kelas
C.
Indikator
1.3.1
Melaksanakan keamanan dan ketertiban kelas
1.3.2
Memberi contoh perbuatan untuk menjaga keamanan kelas
1.3.3
Memeragakan menjaga keamanan dan ketertiban kelas
1.3.4
Menjelaskan manfaat keamanan dan ketertibaan kelas
D.
Tujuan
Pembelajaran
o Siswa
dapat menerapkan keamanan dan ketertiban kelas
o Siswa
dapat memberi contoh perbuatan untuk menjaga keamanan kelas
o Siswa
dapatmemeragakan menjaga keamanan dan ketertiban kelas
o Siswa
dapat menjelaskan manfaat keamanan dan ketertiban kelas
Karakter siswa yang
diharapkan : Peduli
lingkungan, jujur, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, dan bertanggung jawab
E.
Materi
pembelajaran
Menjaga
keamanan dan ketertiban kelas
F.
Metode
Pembelajaran
a. Tanya
jawab
b. Ceramah
c. Penugasan
G.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan
Awal
1) Guru
mengabsen siswa
2) Apersepsi
: Siswa dan guru melakukan Tanya jawab tentang pentingnya menjaga keamanan dan
ketertiban kelas
b. Kegiatan
inti
1) Siswa
mendengarkan penjelasan materi dari guru
2) Siswa
mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh guru
3) Siswa
bertanya tentang penjelasan guru yang belum dapat dipahaminya
c. Kegiatan
akhir
1) Siswa
dan guru bersama-sama menyimpulkan materi
2) Guru
memberikan pekerjaan rumah untuk siswa
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan
awal
1) Guru
mengabsen siswa
2) Uru
dan siswa bersama-sama mengoreksi pekerjaan rumah pada pertemuan sebelumnya
3) Apersepsi
: guru dan siswa Tanya jawab tentang hal-hal yang perlu dilakukan dalam menjaga
keamanan dan ketertiban kelas
b. Kegiatan
inti
1) Siswa
mendengarkan penjelasan materi dari guru
2) Siswa
mancatat hal-hal penting yang disampaikan oleh guru
3) Siswa
bertanya tentang penjelasan guru yang belum dapat dipahaminya
c. Kegiatan
akhir
1) Siswa
dan guru bersama-sama menyimpulkan materi
2) Guru
memberikan pekerjaan rumah untuk siswa
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan
Awal
1) Guru
mengabsen siswa
2) Guru
dan siswa bersama-sama mengoreksi pekerjaan rumah pertemuan sebelumnya
3) Apersepsi
: Guru dan siswa Tanya jawab tentang hal-hal yang biasa dilakukan dalam menjaga
keamanan dan ketertiban
b. Kegiatan
inti
1) Siswa
mendengarkan penjelasan materi dari guru
2) Siswa
mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh guru
3) Siswa
bertanya tentang penjelasan guru yang belum dapat dipahaminya
4) Beberapa
siswa maju kedepan memeragakan cara menjaga keamanan Dn ketertiban kelas
c. Kegiatan
Akhir
1) Siswa
dan guru bersama-sama menyimpulkan materi
2) Guru
memberikan pekerjaan rumah untuk siswa
Pertemuan Keempat
a. Kegiatan
awal
1) Guru
mengabsen siswa
2) Guru
dan siswa bersama-sama mengoreksi pekerjaan rumah pertemuan sebelumnya
3) Apersepsi
: guru dan siswa Tanya jawab tentang pentingnya keamanan dan ketertiban kelas
b. Kegiatan
Inti
1) Siswa
mendengarkan penjelasan materi dari guru
2) Siswa
mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh guru
3) Siswa
bertanya tentang penjelasan guru yang belum dapat dipahaminya
c. Kegiatan
Akhir
1) Siswa
dan guru bersama-sama menyimpulkan materi
2) Guru
memberikan pekerjaan rumah untuk siswa
H.
Sumber
Belajar dan Media
·
Buku KPDL kelas 4 Hal. 32-38
·
Gambar
I.
Penilaian
a. Teknik
: Tes Tulis
b. Bentuk
: Uraian
c. Instrumen
Indikator
Penilaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
|
Instrumen
|
1.3.1
Melaksanakan keamanan dan ketertiban kelas
1.3.2 Memberi
contoh perbuatan untuk menjaga keaamanan kelas
1.3.3
Memeragakan menjaga keamanan dan ketertiban kelas
1.3.4
Menjelaskan manfaat keamanan dan ketertiban Kelas
|
Tes
|
Pertanyaan
tertulis (isaian)
|
1.
Perlukah kamu menjaga keamanan kelasmu
?
2.
Adakah yang selalu melihat apa yang
kamu lakukan ? siapa itu ?
3.
Siapa yang bertanggung jawab terhadap
keamanan kelas IV ?
4.
Apa yang kamu lakukan bila kamu
menemukan uang di depan kelasmu ?
5.
Bila pelajaran selesai perlukah kamu
mengunci pintu kelasmu ? Mengapa ?
6.
Sebelum memasuki kelas apa yang
sebaiknya kamu lakukan ?
7.
Apa tujuan dibentuknya regu kerja ?
8.
Bagaimana regu kerjamu melaksanakan
piket ?
9.
Bagaimana cara menjaga keamanan kelas
?
10.
Bagaimana cara menjaga ketertiban
kelas ?
|
Kunci jawaban
No
|
Jawaban
|
Skor Nilai
|
1
|
Perlu
|
1
|
2
|
Ada yaitu
Tuhan Allah
|
1
|
3
|
Semua warga
Kelas IV (siswa dan guru)
|
1
|
4
|
Menyerahkan
kepada bapak/ibu guru
|
1
|
5
|
Perlu agar
aman
|
1
|
6
|
Berbaris di
depan kelas
|
1
|
7
|
Agar disiplin
|
1
|
8
|
Bergotong
royong
|
1
|
9
|
Setelah
pelajaran selesai pintu dikunci
|
1
|
10
|
Siswa mematuhi
tata tertib kelas
|
1
|
Semarang…………………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas IV
Siti
Nurrochmah, S.Pd Jarwati,
S.Pd.SD
NIP. 19610910 198201 2 009 NIP.
19690812 200801 2 013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar